A. Injeksi Langsung
Macam-macam model kubah injeksi langsung
B. Injeksi Tak Langsung
- Jenis Kamar Muka
Cara kerja
Pada langkah kompresi, sebagian besar udara ditekan kedalam kamar muka, kemudian bahan bakar disemprotkan terhadap bola penyala. Bagian tersebut.terikat dengan jembatan yang relatif tipis, maka menjadi sangat panas selama motor hidup. Oleh karena itu, dengan cepat.akibat pembakaran, sebagian bahan bakar ditiup keluar dari kamar muka dan ikut terbakar dengan udara yang masih didalam silinder.
Catatan
• Saat ini sistem tersebut hanya digunakan Mercedes – Benz
• Memerlukan injektor jenis Nozel pasak dengan bentuk penyemprotan khusus, tekanan
pembukaan Nozel 110 – 150 bar / 11 – 15 Mpa
• Memerlukan sistem pemanas mula untuk menghidupkan motor, bila suhunya lebih rendah
dari ± 500 C
- Jenis Kamar Pusar
Cara kerja
Pada langkah kompresi, sebagian besar udara ditekan kedalam kamar pusar. Udara menerima pusaran yang sangat cepat, karena saluran penghubung yang menuju secara kedalam kamar pusar.dikontruksi miring /
tangensial.
Akibatnya bahan bakar yang disemprotkan cepat menguap dan menyalakan diri. Dari hasil pembakaran sebagian bahan bakar ditiup keluar dari kamar pusar dan ikut terbakar dengan sisa udara yang masih didalam silinder.
Catatan
•Kebanyakan motor kecil – sedang menggunakan sistem ini
•Menggunakan injektor nozel pasak dengan tekanan pembukaan nozel 110 – 150 bar / 11 – 15 Mpa
•Jika kondisi motor baik, sistem pemanas mula hanya perlu pada temperatur dibawah 250 C
Referensi:
- VEDC,
- diklat BLK
- Catalog manual Book engine diesel
Tidak ada komentar:
Posting Komentar