Jumat, 05 Oktober 2012

Dua Jenis Penyemprotan bahan bakar Mesin Diesel

smkn1sbh/mulok:mesin diesel/ XI TSM 1&2/ semester ganjil


A. Injeksi Langsung















   Macam-macam model kubah injeksi langsung 
   
B. Injeksi Tak Langsung


    - Jenis Kamar Muka











Cara kerja
Pada langkah kompresi, sebagian besar udara ditekan kedalam kamar muka, kemudian bahan bakar disemprotkan terhadap bola penyala. Bagian tersebut.terikat dengan jembatan yang relatif tipis, maka menjadi sangat panas selama motor hidup. Oleh karena itu, dengan cepat.akibat pembakaran, sebagian bahan bakar ditiup keluar dari kamar muka dan ikut terbakar dengan udara yang masih didalam silinder.

Catatan
  Saat ini sistem tersebut hanya digunakan Mercedes – Benz
  Memerlukan injektor jenis Nozel pasak dengan bentuk penyemprotan khusus, tekanan   
    pembukaan Nozel 110 – 150 bar / 11 – 15 Mpa
  Memerlukan sistem pemanas mula untuk menghidupkan motor, bila suhunya lebih rendah   
    dari ± 500 C


       - Jenis Kamar Pusar
 











Cara kerja
Pada langkah kompresi, sebagian besar udara ditekan kedalam kamar pusar. Udara menerima pusaran yang sangat cepat, karena saluran penghubung yang menuju secara kedalam kamar pusar.dikontruksi miring / tangensial.
Akibatnya bahan bakar yang disemprotkan cepat menguap dan menyalakan diri. Dari hasil pembakaran sebagian bahan bakar ditiup keluar dari kamar pusar dan ikut terbakar dengan sisa udara yang masih didalam silinder.
  
Catatan
Kebanyakan motor kecilsedang menggunakan sistem ini
Menggunakan injektor nozel pasak dengan tekanan pembukaan nozel 110 – 150 bar / 11 – 15 Mpa
Jika kondisi motor baik, sistem pemanas mula hanya perlu pada temperatur dibawah 250 C

 Referensi:
- VEDC, 
- diklat BLK
- Catalog manual Book engine diesel

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar